Mempersiapkan Kumbung Jamur Tiram dengan Baik

06/12/2017

Mempersiapkan kumbung jamur tiram yang baik sangat diperlukan dalam budidaya jamur tiram. Kondisi kumbung jamur yang sesuai dengan karakter yang dibutuhkan jamur tiram menjadi hal yang perlu diperhatikan. Dalam pembuatan kumbung jamur diperlukan beberapa hal yang akan kami bahas secara singkat di bawah ini.

mempersiapkan kumbung jamur

mempersiapkan kumbung jamur

Mempersiapkan Kumbung Jamur

Dalam mempersiapkan kumbung jamur perlu diperhatikan hal hal berikut ini.

  • Luas kumbung jamur di sesuaikan dengan lahan yang tersedia
    Luas kumbung jamur dapat disesuaikan dengan lahan yang ada dengan ukuran tinggi kumbung jamur minimal 1 meter dari puncak rak jamur.
  • Sinar Matahari tidak boleh langsung masuk ke kumbung jamur
    Sinar matahari diperlukan dalam pertumbuhan jamur namun tidak boleh langsung masuk kedalam kumbung jamur. Cara yang dapat dilakukan adalah menutup tempat masuknya sinar matahari langsung dengan bahan yang tembus cahaya yang tidak terlalu terang.
  • Kelembaban dan suhu udara kumbung jamur
    Kelembaban dan suhu udara kumbung jamur dapat diukur dengan alat ukur kelembaban ruangan dan suhu yang banyak ditemukan di pasaran.
  • Sirkulasi udara kumbung jamur
    Sirkulasi udara kumbung jamur dilakukan dengan menambah ventilasi kumbung jamur yang dapat disesuaikan dengan luas kumbung jamur dan suhu serta kelembaban udara di area kumbung jamur.
  • Kebersihan kumbung jamur
    Kebersihan kumbung jamur perlu dijaga setiap saat. Jamur hasil panen yang jatuh juga bonggol bonggol jamur dan kapas perlu dibersihkan dalam kumbung jamur agar tidak menimbulkan bau yang menyengat. Jamur tiram yang busuk di kumbung jamur dapat mengundang hama berupa ngengat yang dapat menjadikan bibit penyakit di jamur tiram.
  • Lingkungan sekitar kumbung jamur
    Lingkungan kumbung jamur juga diharapkan bersih serta tidak menimbulkan bau bau yang mengundah hewan seperti ngengat atau jenis lainnya.
  • Rak jamur yang kuat
    Pembuatan rak jamur yang kuat dapat digunakan berulang kali untuk peletakan baklok jamur. Dalam pembuatan rak jamur diperlukan jarak antar rak lebih dari 80 cm untuk memudahkan dalam perawatan dan pemetikan jamur tiram. Setiap tiang rak dapat berjarak 120 cm yang dapat memuat baklok 10 – 11. Tinggi pemasangan baklok adalah 3 kali baklok atau sekitar 30 cm.

Demikian tadi cara membuat kumbung jamur sederhana, mudah mudahan bermanfaat bagi anda. Jika memerlukan informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami via Facebook.

Tidak ada Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *