Budidaya jamur tiram untuk pemula

06/12/2017

Dalam budidaya jamur tiram tentunya ada hal-hal yang perlu dipersiapkan, apa saja yang perlu dipersiapkan ? berikut langkah – langkahnya.

Langkah – langkah memulai budidaya jamur tiram

  • Mempersiapkan kumbung jamur / kandang jamur

    Kumbung jamur atau kandang jamur adalah sebuah ruangan yang cukup luas dengan kondisi udara proporsional untuk pertumbuhan jamur. Kumbung jamur dapat berlantai plesteran, tanah maupun lainnya. Kumbung jamur yang baik juga harus ada ventilasi udara guna sebagai jalan keluar masuk udara. Kumbung jamur dapat berdinding tembok, bambu, kayu/papan, beratapkan genteng atau seng atau asbes atau atap yang lainnya.

    Budidaya Jamur Tiram Sekar Aji Ambarawa

    Budidaya Jamur Tiram Sekar Aji Ambarawa

  • Mempersiapkan rak – rak jamur

    Rak – rak jamur adalah tempat yang digunakan untuk meletakkan bibit jamur atau baglok ( baglog ). Bibit jamur atau baglok ( baglog  ) diletakkan dalam rak – rak jamur di kumbung jamur dalam posisi berdiri atau tidur. Rak – rak jamur terbuat dari bahan yang kuat bisa dari kayu atau bambu juga dari bahan lainnya. Panjang rak – rak jamur proporsional dapat disesuaikan dengan lokasi kumbung jamur.

  • Mempersiapkan bibit jamur tiram yang baik

    Bibit jamur tiram dalam bentuk baglok ( baglog ) adalah bibit jamur tiram yang sudah diyakinkan hidup. Baglok ( baglog  ) yang baik sebagai bibit jamur tiram yang akan diletakkan dalam rak – rak jamur harus dipastikan ditumbuhi misselium yang sehat. Jika baglok ( baglog  )  jamur tersebut tidak sehat tentu pertumbuhan jamur tiram tidak akan optimal bahkan bisa saja tidak akan tumbuh jamur.

Saat ini kami mempunyai produk bibit jamur tiram dalam bentuk baglok ( baglog  ) yang siap disusun dalam rak – rak jamur dengan harga terjangkau dan kualitas sehat dan baik.

  • Perawatan jamur tiram yang baik

    Jamur tiram membutuhkan perawatan yang baik dari kondisi udara ruangan hingga kebersihan dan kesehatan jamur tiram. Mengatur kondisi udara dalam kandang jamur dapat diatur dengan menggunakan ventilasi udara dan penyiraman baglog jamur. Dalam budidaya jamur tiram kesehatan jamur dapat dipantau dengan indikasi hama yang menyerang dapat berupa ulat atau ngengat. Ulat atau ngengat dapat diatasi dengan penyemprotan obat alami.
    Kebersihan kandang jamur juga mempengaruhi timbulnya penyakit atau hama di kumbung jamur, sehingga perlu menjaga kebersihan kumbung jamur.

  • Pemanenan jamur tiram

    Hal menarik yang lainnya yaitu pemanenan jamur tiram. Pemanenan jamur tiram menjadi tahapan yang sangat menarik dan tentunya ditunggu – tunggu oleh para petani jamur. Memanen jamur tiram dilakukan setelah daun jamur tumbuh mengembang dan juga masih terlihat segar. Jamur tiram yang sudah layu atau telat dipanen dapat mengakibatkan harga jamur turun dan tampilan kurang menarik.
    Pemanenan jamur tiram dapat dilakukan setia hari setelah jamur mulai tumbuh. Dalam seribu baglok jamur tiram dapat memperoleh hasil sampai 250kg – 300 kg. Kualitas bibit dan perawatan menjadi bagian penting dalam mencapai hasil yang maksimal.
    Kami sendiri menyajikan bibit jamur tiram dalam bentuk baklok jamur tiram dengan kualitas baik. Kami telah mengujinya dalam kandang kami sendiri yang dapat menghasilkan jamur tiram minimal 250 kg dalam seribu baglok jamur.

  • Paska pemanenan jamur tiram

    Hal lain yang harus dilakukan para petani jamur setelah pemanenan adalah pengecekan kondisi udara dan kelembaban udara dalam kumbung jamur. Selain itu pengecekan terhadap penyakit atau hama yang menyerang harus segera ditangani dengan baik.

Jamur tiram yang busuk dapat menyebabkan timbulnya hama ngengat dan juga ulat jamur yang dapat menjadi penyebab menurunnya hasil jamur. Ulat jamur adalah hama yang sering ditemui oleh petani jamur yang disebabkan kebersihan kumbung jamur dan kualitas udara di kumbung jamur kurang baik.

Membersihkan kumbung jamur setelah baglok jamur tidak tumbuh lagi adalah langkah yang tidak bisa dilupakan. Kembali mengatur kualitas ruangan kumbung jamur agar udara bersih dan juga menghilangkan bibit hama yang masih ada dalam ruangan dengan penyemprotan desinfektan juga dapat dilakukan.

Demikian tadi adalah beberapa hal yang dilakukan dalam pembudidayaan jamur tiram di kandang jamur. Langkah – langkah tersebut dilakukan guna menjadikan budidaya jamur lebih menguntungkan dan kualitas jamur terjaga dengan baik.

Hubungi kontak kami di Facebook untuk mempermudah komunikasi.

Tidak ada Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *